Macam-macam Jenis Besi Bangunan

Macam-macam jenis besi untuk bangunan sangat beragam maka butuh pilihan tepat jika ingin bangunan tetap kokoh. Pilihan besi yang tepat dan terbaik sangat penting termasuk perhitungan kontruksi pemakaian besi. Tidak heran jika besi merupakan komponen yang sangat vital dalam bangunan.

Besi memiliki banyak jenisnya contohnya seperti besi baja. Besi baja sangat bermanfaat bagi pembangunan. Jenis baja besi juga sangat banyak dilihat dari bentuk dan manfaatnya. Berikut Ini adalah jenis-jenis besi baja dan kegunaannya:
  • Besi Beton
Besi Beton Ulir
Besi beton adalah salah satu jenis besi yang sangat penting didalam dunia bangunan. Beton merupakan campuran yang dibutuhkan dalam bangunan. Beton memiliki daya tahan yang sangat kecil dalam menahan beban ketika sudah menjadi bangunan sehingga dibutuhkan besi untuk membantu agar menjadi kuat. Dengan adanya perpaduan besi dan beton menjadikan bangunan lebih kokoh dalam menahan beban. Besi beton ini disebut juga besi penulangan karena selalu digunakan sebagai rangka dari sebuah bangunan yang akan dibangun dengan beton.

Jenis ada dua macam yang biasa dijumpai dipasaran yaitu besi ulir dan juga besi polos. Kedua jenis besi beton ini memiliki mmanfaat yang berbeda yang disesuaikan dengan pola dan proses pembuatannya.

  • Pipa Besi
Pipa Besi Bangunan
Besi ini terbuat dari besi baja, sering kita jumpai di toko bangunan. Besi ini memiliki bentuk pipa dengan warna yang khas hitam sehingga sering disebut pipa hitam. Manfaat dari pipa besi ini untuk menyalurkan bahan-bahan tambang yang mudah terbakar seperti gas, minyak, dan juga oli. Pipa besi ini biasanya digunakan pada pabrik-pabrik berskala besar dan berkaitan dengan pertambangan karena Pipa besi ini memiliki durabilitas yang tinggi sehingga manfaatnya sangat besar dalam dunia perindustrian.


  • Besi Plat 
Besi Plat Perkakas
Bentuk besi ini berupa plat atau lempengan yang memanjang sehingga mudah dibentuk dan difungsikan.
Besi plat adalah besi baja yang biasanya digunakan dalam pembuatan perkakas. Ada banyak sekali perkakas yang bahannya dari besi plat mulai dari kendaraan tranportasi sampai perkakas alat rumah tangga. Besi plat ini sangat penting oleh pabrik-pabrik perkakas sebab besi plat ini bahan utama untuk membuat perkakas.


  • Besi Hollow
Besi Hollow Bangunan
Bentuk besi hollow ini adalah berbentuk pipa kotak. Besi hollow ini bermanfaat untuk pembangunan plafon dan juga untuk rangka dinding partisi yang anti rayap, tahan api, dan juga hama seperti binatang pengerat. Besi ini sering dipakai oleh banyak bengkel las sebagai bahan membuat rangka kanopi, pagar rumah, balkon, dan lain-lain.

  • Besi Siku
Besi Siku Bangunan
Besi siku ini mempunyai bentuk siku. Berfungsi untuk pembuatan kerangka perkakas seperti kerangka tangga, rangka pintu, rangka tower, dan rak. Kebanyakan digunakan oleh bengkel las untuk membuat rak almari besi, rak, display dan lain-lain.
  • Besi CNP
Besi CNP Bangunan
Besi CNP ini mempunyai bentuk huruf C. Jenis besi ini sering digunakan dalam kontruksi bangunan. Besi CNP kebanyakan dipakai untuk rangka atap, atau rangka yang lain. Besi model ini terdapat banyak ukuran dan tinggal disesuai mana yang tepat untuk kontruksi.
  • Besi UNP
Besi UNP Bangunan
Besi UNP merupakan besi yang berbentuk huruf U. Jenis besi ini memiliki manfaat sebagai balok untuk penutup pada bagian atap dan juga sebagai penopang untuk bagian dinding. Besi ini sangat cocok sebagai pelengkap kontruksi. Besi UNP banyak digunakan oleh tukang las sebagai bahan membuat rangka.
  • Wiremesh
Besi Wiremesh Bangunan
Besi weremesh merupakan jenis besi yang dibentuk dari kawat. Pembuatannya besi model ini dengan cara dianyam sehingga membentuk kotak-kotak dalam lembaran. Fungsi dari besi ini untuk menguatkan dak beton dalam pembangunan rumah. Ukuran ketebalan wiremesh ini sangat beragam dan besi ini bisa dipakai untuk display serta masih banyak lagi kegunaan besi ini.

Demikian macam-macam jenis besi bangunan, semoga bermanfaat dan berguna untuk membuat kontruksi bangunan, kerangka dan perkakas lainnya.