Pengertian Besi

Besi adalah material yang mengandung unsur kimia bersimbol Fe (Ferrum) dan bernomor atom 26. Besi merupakan unsur yang paling umum dan mempunyai jumlah yang banyak di muka bumi. Ini adalah unsur yang mempunyai massa, membentuk sebagian besar bagian inti luar dan dalam bumi dan unsur keempat terbesar pada kerak bumi.
Besi Kontruksi

Permukaan besi segar nampak berkilau abu-abu keperakan. Namun sering kita jumpai besi berkarat dan rapuh, apa penyebabnya ?. Karat merupakan hasil korosi karena oksidasi suatu logam. proses pengaratan, besi bertindak sebagai pereduksi dan oksigenyang terlarut dalam air bertindak sebagai pengoksidasi. Tidak seperti logam lain yang membentuk oksida pasif, oksidasi besi menempati lebih banyak tempat dari pada logamnya sendiri dan kemudian mengelupas, mengekspos permukaan segar untuk korosi.

Besi merupakan material alami, Mengapa kita jarang melihat besi murni ?.
sebabnya adalah besi murni mudah reaksi dengan oksigen di udara. Inilah kelemahan besi sebagai bahan kontruksi adalah jika bereaksi dengan udara lembab (proses karatan ) akan menyebabkan besi rapuh. Besi juga dapat bereaksi dengan banyak cara lain, seperti unsur karbon, sulfur, silikon, dan juga halogen seperti klorin.

Manfaat Besi Pada Mahluk Hidup
Besi sangat berperan pada kelangsungan hidup organisme. Pada tanaman, besi berperan dalam memproduksi klorofil (zat hijau daun). Pada hewan, besi sebagai penyusun komponen hemoglobin, protein dalam darah yang bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan di seluruh tubuh. Oleh sebab itu darah berwarna merah karena adanya interaksi antara besi dan oksigen.

Besi sangat penting bagi tubuh manusia. Jika kekuarangan zat besi bisa menyebabkan anemia dan mudah lelah dan sangat mengganggu dalam beraktifitas. Kekurangan zat besi juga melemahkan daya ingat dan fungsi mental pada usia muda. Sedangkan pada wanita yang sedang hamil jika kekurangan zat besi bisa menyebabkan bayi prematur atau bayi yang kecil.

Besi Untuk Kontruksi Bangunan
Besi berperan penting pada struktur bangunan. Oleh sebab itu besi sangat dibutuhkan untuk membangun gedung, rumah, dan lain-lain. Besi yang mempunyai kekuatan tinggi dan biaya yang murah sangat diperlukan dalam pembuatan aplikasi teknik seperti peralatan mesin, kontruksi mesin, mobil, motor, lambung kapal-kapal besar, alat-alat teknik.

Pada dasarnya pengertian Besi yang diyakini oleh banyak orang mempunyai peran sangat penting untuk kehidupan. Sejarah mencatat, besi sudah digunakan pada jaman lampau oleh bangs mesir sekitar 2500 hingga 3000 SM.